ALOKASI ANGGARAN 7 MILIAR TERMASUK JEMBATAN PULAU LANCANG

Untuk menarik minat para wistawan serta memudahkan mobilitas warga di Kabupaten Kepulauan Seribu, pemerintah setempat bakal memperbaiki dan menambah sejumlah fasilitas umum (fasum). Rencananya, Pemkab Administrasi Kepulauan Seribu akan memperbaiki Jembatan Cinta di Pulau Tidung serta memperbaiki dua dermaga lainnya yaitu Pulau Lancang dan Pulau Kelapa serta menambah dua dermaga di Pulau Tidung dan Pulau Pramuka dengan alokasi anggaran sebesar Rp 7 miliar. Nantinya, perbaikan dan penambahan jembatan maupun dermaga akan dilakukan pada tahun 2013 dengan cara dibetonisasi.

Dalam musrenbang bulan maret tahun lalu, sebagian besar aspirasi warga yang ditampung melalui rembug RW di tingkat kelurahan, kecamatan dan kabupaten semuanya tertampung dengan total anggaran mencapai Rp 60 miliar. "Mudah-mudahan ini jelas lebih baik posisinya dari tahun-tahun sebelumnya, dimana kita tidak terlalu besar melihat aspirasi warga. Sekarang, cerita aspirasi warga yang tidak pernah menetes atau tidak pernah diperhatikan, saya kira itu sudah masa lalu," katanya.

Bupati Kepulauan Seribu, Ahmad Ludfi menuturkan, mengenai perbaikan Jembatan Cinta di Pulau Tidung, sudah mendapatkan lampu hijau dari Gubernur DKI Jakarta untuk diperbaiki dan didukung anggaran dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta di tahun 2013 mendatang. "Jembatan cinta memiliki panjang 700 meter, Jembatan Pulau Lancang sebelah barat yang sudah rusak dan tidak dapt digunakan dan jembatan di Pulau Kelapa dengan anggaran untuk perbaikannya menelan biaya sekitar Rp 7 miliar," ucap Ludfi.

Ditambahkannya, kondisi jembatan cinta saat ini masih berbahan kayu. Namun, masih bisa digunakan, meski rawan karena kayu pada jembatan banyak yang bolong. "Perbaikan jembatan cinta akan dilakukan secara menyeluruh dengan betonisasi, karena jembatan cinta merupakan daya tarik wisata dan magnet wisatawan untuk mengunjungi Pulau Seribu," ungkapnya.

Selain jembatan cinta, dikatakan Ludfi, pihaknya juga akan memperbaiki sejumlah dermaga yang berada di 11 pulau pemukiman di Kepulauan Seribu. "Ada dermaga yang representatif yang perlu ditata, dan saya berkeinginan disetiap pulau terdapat dua dermaga, yaitu dermaga untuk penumpang dan dermaga untuk nelayan. Jadi, minimal harus membuat dua dermaga di setiap pulau pemukiman, sehingga bila satu dermaga tidak bisa digunakan karena cuaca, masih ada dermaga lain yang bisa digunakan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sudin Perhubungan Kepulauan Seribu, Edy Bambang menambahkan, terdapat lima dermaga yang mendapatkan prioritas diperhatikan dan diperbaiki. Tiga diantaranya akan diperbaiki dan terdapat di Pulau Tidung, Pulau Lancang dan Pulau Kelapa. Sedangkan penambahan dua dermaga akan dilakukan di Pulau Tidung dan Pulau Pramuka. "Perbaikan dan penambahan dermaga itu dilakukan dengan cara betonisasi dengan total anggaran sekitar Rp 7 miliar. Mudah-mudahan semua dermaga tersebut dapat terealisasikan di tahun 2013," tandasnya. (Sumber BeritaJakarta.com)

DiPoskan Oleh --Rafik--

0 komentar: